Hakim Ben Ali together with Evi Aprilia

Selasa, 12 Juni 2012

Mahabbatussholihin






Puji berserta syukur selalu tercurah kehadirat Allah Ta'ala dan
Solawat serta salam yang teramat anggun semoga selalu tercurah kepada Habibunal A'zhom Sayyidina Muhammad sholawatulloh alaih beserta keluarga sahabat dan para umatnya yang selalu berpegang teguh terhadap syariat agama islam.

di kutip dari Majlis Ta'lim dan Mudzakaroh Mahabbatusholihin Pimpinan Alustadz Alhabib Seqaf Bin Umar Bin Abdurrahman Asseqaf (bukit duri-jakarta)

Bab Menerangkan Tentang Makarimul Akhlak

Ada 10 perkara mengenai sifat Akhlak

1. Kedermawanan

2. Malu
Rasa malu adalah  sebagian dari iman, "maksudnya : malu dalam mengerjakan maksiat/durhaka"
riwayat : turun malaikat Jibril as ke bumi sebanyak 10x setelah wafatnya aku (Rasulullah saw), malaikat Jibril telah mengangkat rasa malu dari umat manusia.
3. Benar (sidiq)
Jujur dalam perilaku dan perkataan
4. Amanah
Menunaikan amanat daei makhluk dari Rasulullah saw dan Allah ta'ala
adapun amanat dari Allah ta'ala yaitu : taat kepada Allah ta'ala dan menuntut ilmu, karna beribadah tanpa ilmu akan di tolak di sisi Allah dan Rasulullah saw.
adapun yang disebut orang berkhianat adalah orang yang tidak mempunyai Akhlak yang baik.
5. Tawadhu
jangan sekali-kali kalian berjalan di bumi Allah dalam keadaan sombong,
Nabi bersabda : pasti akan di bangkitkan orang-orang yang sombong pada hari kiamat, yaitu seperti benda yang sangat kecil yang menyerupai seorang manusia. mereka orang yang sombong tersebut di kelilingi dengan kehinaan dan di jadikan menjadi orang yang paling hina seperti binatang yang paling hina seperti Anjing,Babi,Keledai. mereka semua akan di giring oleh Allah kepenjara yang ada di dalam neraka jahannam yang didalamnya terdapat azab Allah yang dahsyat yang mana penjara tersebut dikelilingi oleh api yang berkobar yang begitu dahsyat. mereka semua akan diberi minuman dari kotoran-kotoran dari seluruh penghuni neraka yang sudah membusuk.
Allah berfirman : itu negeri akherat (surga) kami jadikannya yaitu untuk orang-orang yang tidak sombong dan yang tidak merusak di bumi Allah ta'ala
Nabi bersabda : bukan dari golongan kami orang yang tidak mau menyayangi anak-anak atau orang yang lebih kecil dari padanya, dan bukan dari golangan kami orang-orang yang tidak mau menghormati orang yang lebih tua dari pada kami.
Nabi bersabda : hormatilah orang yang lebih tua dari pada kalian
"siapa orang yang rendah hati terhadap manusia,maka makhluk yang lain akan rendah hati terhadap orang tersebut.
nilailah segala sesuatu apapun dari dirimu terlebih dahulu
.
berkata Alhabib Abdullah Alhaddad ra : tanda seseorang atas kerendah hatiannya, yaitu menerima di kebelakangkan, padahal ia sangat layak di kedepankan.
lawanlah orang yang sombong dengan kesombonganmu, maka dari hal tersebut mendapatkan pahala sedekah.
siapa orang yang tunduk kepada seseorang karena kekayaan, maka hilanglah keimanan dari orang tersebut., yang di maksud hal tersebut, sombong dengan orang yang sombong itulah sifat Tawadhu.
pesan Sayyidil walid Alhabib Abdurrahman Asseqaf : jangan kamu menyandar pada makhluk Allah, maka harusalh kamu bersandar kepada Allah.
orang yang mempertahankan harga dirinya sampai ia meninggal dunia,maka orang tersebut masuk dalam katagori mati dalam syahid.
Alhabib Ahmad bin Hasan Al-Athos berkata: siapa orang yang tidak mempunyai sifat rendah hati,niscaya akan sia-sia hidupnya, dan siapa orang yang tidak mau rendah hati, maka orang tersebut tidak akan pernah naik derajatnya/atau kedudukannya.
Sayyidina Abu yazid Albustomi berkata : kapan orang bisa dikatakan orang yang rendah hati, apabila orang tersebut tidak pernah lihat ada pada dirinya tidak mempunyai keistimewaan/kedudukan yang mulia dan tidak mau melihat tiada yang jahat melaikan dirinya.
Sayyidina Fudhil bin iyyad berkata :siapa orang yang masih melihat dalam dirinya mempunyai nilai dari keilmuan,kekayaan,kesempurnaan,dll, maka tidak ada bagian untuk orang tersebut mempunyai sifat Tawadhu.
riwayat...
Sayyidina Urwah bin Zabir pernah melihat Sayyidina Umar bin Khotob membawa tempat air di atas pundak nya, Sayyidina Urwah berkata wahai Amirulmukminin sungguh engkau tak pantas membawa air seperti ini, Berkata Sayyidina Umar, bagi apa-apa engkau telang mendatangkan aku suatu utusan,(akan bisa masuk dalam diriku keagungan,sehingga bisa menimbulkan sifat kesombongan.
jika engkau kagum dengan seseorang,janganlah berkata didepan orang tersebut.
Nabi Bersabda : jika ada yang memuji aku di hadapan aku,aku penggal batang lehernya
karena pujian akan menjadi racun bagi diri kita.
wajib rendah hati,haram hukumnya untuk rendah diri kepada makhluk, tapi merendah diri kepada Allahhukumnya menjadi wajib


to be continue