Habib
Ali bin Husein Al-Attas, beliau lebih dikenal dengan sebutan Habib Ali
Bungur. Beliau merupakan rantai jaringan Ulama Betawi sampai sekarang
ini. Beliau memiliki jasa yang sangat besar dalam menorehkan jejak
langkah dakwah dikalangan masyarakat Betawi. Beliau menjadi rujukan
umat di zamannya, Al-Habib Salim bin Jindan mengatakan bahwa Al-Habib
Ali bin Husein Al-Attas dan Al-Habib Ali Kwitang bagaikan kedua bola
matanya, dikarekan keluasan khazanah keilmuan kedua habib itu.
Silsilah
beliau adalah : Al-Habib Ali bin Husein bin Muhammad bin Husein bin
Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Husein bin Al-Imam Al-Qutub Al-Habib
Umar bin Abdurrahman Al-Attas bin Agil bin Salim bin Abdullah bin
Abdurrahman Assegaf bin Mauladawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghuyyur bin
Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammmad Sahib
Mirbath bin Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin
‘Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali
Al-‘Uraidhi bin Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zaenal
Abidin bin Husein bin Ali bin Ali Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam.
Beliau
lahir di Huraidhah, Hadramaut, pada tanggal 1 Muharram 1309 H,
bertepatan dengan 1889 M. semenjak usia 6 tahun beliau belajar berbagai
ilmu keislaman pada para ulama dan auliya yang hidup di Hadramaut saat
itu, sebagaimana jejak langkah generasi pendahulunya, seelah mendalami
agama yang cukup di Hadramaut, pada tahun 1912 M beliau pergi ke tanah
suci unuk menunaikan haji serrta berziarah ke makam datuknya Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wasalam di Madinah. Disana beliau menetap di Makkah.
Hari-hari beliau dipergunakan untuk menimba ilmu kepada para ulama yang
berada di Hijaz. Setelah 4 tahun (tak banyak sejarawan yang menulis
bagaimana perjalanan beliau hingga kemudian tiba di Jakarta) setelah
menetap di Jakarta, beliau berguru kepada para ulama yang berada di
tanah air,diantaranya : Al-Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas
(Empang-Bogor), Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
(Pekalongan) dan Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya),
Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor (Bondowoso).
Di
daerah Cikini beliau tinggal, sebuah kampung yang masyarakatnya hidup
dibawah gais kemiskinan. Beliau tinggall bersama-sama rakyat jelata.
Setiap orang mengenal Habib Ali, pasti akan berkata “hidupnya
sederhana,tawadhu’,teguh memegang prinsip, menolak pengkultusan
manusia, berani membela kebenaran, luas dalam pemikiran, mendalam di
bidang ilmu pengetahuan, tidak membeda-bedakan yang kaya dan yang
miskin, mendorong terbentuknya Negara Indonesia yang bersatu, utuh
serta berdaulat, tidak segan-segan menegur para pejabat yang
mendatanginya dan selalu menyampaikan agar jurang antara pemimpin dan
rakyat dihilangkan, rakyat mesti dicintai,”hal inilah yang menyebabkan
rakyat mencintai Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas, beliau tidak pernah
menadah tangannya kepada orang-orang kaya harta, sebab beliau memiliki
kekayaan hati, beliau tidak mau menengadahkan tangannyadibawah, kecuali
hanya memohon kepada Rabbul ‘Alamin. Beliau memiliki ketawakalan yang
tinggi kepada Allah azza wa jalla. Beliau selalu mengorbankan semangat
anti penjajah dengan membawakan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi
shalallahu ‘alaihi wasalam yang menganjurkan melawan penjajah.
“Penjajah adalah penindas, kafir dan wajib diperangi” begitulah yang
sering beliau ucapkan. Beliau tergolong pejuang yang anti komunis. Pada
masa pemberontakan PKI, beliau selalu mengatakan bahwa “PKI dan komunis
akan lenyap dari bumi Indonesia dan rakyat akan selalu melawan kekuatan
atheis. Ini berkah perjuangan para ulama dan auliya yang jasadnya
bertebaran di seluruh nusantara”.
Semasa
hidupnya beliau tidak pernah berhenti dan tak kenal lelah dalam
berdakwah. Salah satu karya terbesar beliau adalah kitab Tajul A’ras fi
Manaqib Al-Qutub Al-Habib Sholeh bin Abdullah Al-Attas, sebuah kitab
sejarah para ulama Hadramaut yang pernah beliau jumpai, dari masa
penjajahan Inggris di Hadramaut, sehingga sekilas perjalanan para ulama
Hadramaut di Indonesia. Buku itu juga berisi tentang beberapa kandungan
ilmu tasawuf dan Thariqah Alawiyah.
Semasa
hidupnya beliau selalu berjuang membela umat, kesederhanaan serta
istiqomahnya dalam mempraktekkan ajaran islam dalam kehidupan
sehari-hari menjadi taulan yang baik bagi umat.
Beliau
selalu mengajarkan dan mempraktekkan bahwa islam mengajak umat dari
kegelapan pada cahaya yang terang, membawa dari taraf kemiskinan kepada
taraf keadilan dan kemakmuran dan beliau pun wafat pada tanggal 16
Februari 1976, jam 06:10 pagi dam usia 88 tahun dan beliau dimakamkan
di pemakaman Al-Hawi, condet Jakarta timur